Menghadapi Persalinan dan Kelahiran





Tips Persalinan Semakin hari semakin banyak cerita yang menyeramkan dan horor di seputar proses persalinan. Di mana-mana semakin banyak ibu yang “tidak mampu”melahirkan dengan cara yang alami sehingga harus dilakukan berbagai intervensi medis, baik itu induksi, vaccum, forceps, bahkan SC. Hampir semua orang menyatakan melahirkan itu sakit, menyiksa dan mengerikan hingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bakan beberapa orang menyatakan bahwa melahirkan itu sakitnya seperti orang mau di cabut nyawanya. Padahal orang yang mau di cabut nyawanya saja gak pernah cerita kalau itu sakit atau malah nikmat ya?

Menghadapi persalinan Ketika sekelompok perempuan berkumpul bersama-sama di sebuah kelas persalinan, tanpa diragukan lagi mereka akan melakukan percakapan untuk berbagi pengalaman mereka sendiri ketika melahirkan. Beberapa akan menceritakan kisah horor mulai dari jam sampai hari-hari yang menyakitkan saat proses persalinan. Beberapa bahkan akan menceritakan bagaimana mereka akhirnya dibujuk untuk sesar saja. Namun bagi mereka yang siap baik secara mental dan secara fisik mereka biasanya memiliki pengalaman yang paling indah dari hidup mereka saat melahirkan. Dan saat ini bisa kita lihat semakin hari angka operasi sesar di RS semakin meningkat dan ironisnya 50% bahkan lebih di lakukan atas indikasi permintaan pasien sendiri karena TAKUT SAKIT.


Saya pribadi merasakan melahirkan itu nyaman dan nikmat tanpa ada rasa sakit sama sekali. Nah tentunya Ada cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan fisik, mental dan pikiran Anda dalam menghadapi persalinan sehingga proses persalinan berjalan dengan lancar nyaman bahkan nikmat.

Ada beberapa kesalahan umum yang sering wanita buat dalam mempersiapkan persalinan. Namun, dengan sedikit pendidikan dan pengetahuan Anda dapat berharap untuk mendapatkan pengalaman persalinan yang lebih baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa doula dapat membantu mencapai tujuan Anda untuk pengalaman melahirkan alami dan bebas stres dengan dukungan fisik, emosional dan informasi mereka yang terus menerus selama persalinan dan melahirkan. Namun sayangnya di Indonesia tidak ada Doula yang ada hanya bidan dan di rumah sakit karena keterbatasan sumberdaya manusia sehingga seringkali ibu bersalin di abaikan saja dan tidak mendapatkan dukungan dari tenaga profesional.

Sehingga disinilah tantangan bagi Anda untuk mempersiapkan dan memberdayakan diri lebih baik lagi.


Pilih praktisi yang mendukung persalinan normal alami (**PRO NORMAL) . Pastikan Anda meluangkan waktu untuk mewawancarai dokter maupun bidan Anda. Semakin jelas Anda tentang apa jenis pengalaman melahirkan yang Anda ingin, semakin Anda dapat memilih seseorang yang akan mendukung visi Anda. Bidan biasanya lebih mendukung kelahiran alami. Mintalah rekomendasi..

Jangan mendengarkan atau membaca tentang informasi yang salah. Buatlah prioritas untuk mendengar tentang pengalaman menyenangkan dari keluarga lain '. Saya mendorong klien saya untuk mencari semua referensi saya dan mendengar cerita tentang pengalaman mereka sehingga membuat klien saya bersemangat untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik.
Menulis rencana melahirkan (BIRTH PLAN) . Ingat ketika Anda melahirkan di rumah sakit dokter hanya akan ada dan akan datang setelah Anda siap untuk mendorong atau mengejan. Jarang sekali dan hampir tidak ada dokter yang mau menunggui pasiennya sejak pembukaan awal hingga lengkap. Pastikan perawatatau bidan yang merawat Anda tahu apa keinginan Anda dan apa yang telah Anda didiskusikan dengan dokter anda. Tulis rencana kelahiran yang jelas, ringkas dan lembut. Dan hati-hati janga membuat birth plan yang terlalu ketat karena dapat berisiko memancing kemarahan staf rumah sakit. Karena kita tahu sendiri bagaimana karakteristik ornag di Indonesia ini. Jadi komunikasikan sejak awal kalau perlu cari info dan ajaklah berkenalan bidan-bidan yang sekiranya akan ada atau dinas di ruang bersain di RS tersebut.

Pilih teknik manajemen rasa nyeri-yang bekerja dengan baik untuk Anda. Apa yang membantu Anda rileks? Apakah hipnosis, pijat, musik? Sebelum Anda merasakan kontraksi, praktek kan dengan pasangan Anda atau pendamping dengan posisi yang berbeda, lakukan teknik pernapasan, dan ritual yang akan Anda lakukan selama dan setiap kontraksi. Mengetahui apa yang dapat Anda lakukan selama kontraksi akan membantu Anda mengelola itu. Penelitian telah menunjukkan bahwa hipnosis adalah salah satu bentuk yang paling baik dari manajemen nyeri

Tetap tegak dan berjalan. Bayi harus “membuat jalan” untuk menuruni rahim melalui jalan lahir dan keluar melalui vagina, teruslah berjalan biarkan tubuh Anda bebas bergerak, jika perlu lakukan goyangan seperti “goyang inul atau belly dance” lakukan dengan lembut ini akan memperbesar energi dari gaya gravitasi bumi sehingga membantu bayi semakin turun ke jalan lahir dan dapat mengoptimalkan posisinya sesuai dengan sumbu lahirnya.

Jangan pergi ke rumah sakit terlalu dini. Tunggu sampai kontraksi intens dan lebih seringsekitar lima menit atau empat menit sekali dengan durasi minimal 20 detik. Jika Anda Sesampainya di rumah sakit terlalu dini ini akan memicu dan dapat membuat para dokter ingin mempercepat atau menginduksi persalinan.

Jadilah bebas untuk bergerak selama persalinan. Kecuali ada keadaan darurat medis, pemasangan Infus di rumah sakit akan membatasi gerakan alami yang membuat persalinan lebih lama dan sulit untuk untuk dilalui.

Ubah posisi. Tidak ada yang bisa mengelola nyeri karena kontraksi ketika mereka berbaring. Itu mungkin adalah alasan mengapa banyak wanita sekarang memilih epidural setelah mereka sampai ke rumah sakit. Lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk naik: berjalan, jongkok, menari lambat. biarkan pasangan Anda membantu Anda.

Mari manfaatkan gaya gravitasi untuk Anda. Berbaring selama persalinan dan melahirkan adalah tidak wajar dan bertentangan dengan hukum gravitasi. Praktik sebelum kelahiran banyak posisi yang cocok untuk mendorong bayi keluar. Ikuti kelas persiapan persalinan di Bidan Kita, kami dapat menunjukkan Anda tepat pernapasan dan teknik mengejan yang baik, sehingga Anda dapat menemukan beberapa posisi yang paling nyaman bagi Anda.

Biarkan suara Anda didengar. Membuat suara-suara parau yang tepat dari inti usus Anda membantu dengan relaksasi dan memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri secara bebas dan ini membuat pengalaman emosional menyenangkan selama persalinan.

Semoga info ini bermanfaat untuk Anda. dan jika Anda menginginkan proses persalinan yang nyaman ikutilah kelas relaksasi hypnobirthing di Alamat Klinik Bidan Kita *sumber Perumahan Cemara Hijau 2 no.7B, Gayamprit - Klaten || HOTLINE : ( 0272 ) 327574 / 328711

1 komentar: