Tips Menjaga Kesehatan Anak Anda

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Tips Menjaga kesehatan anak - Anak yang sehat jasmani rohani tentunya menjadi perhatian khusus bagi para ibu yang sangat mencitai anak-anaknya, terlebih saat musim penyakit datang yang umumnya disertai dengan berkembangnya berbagai penyakit berbahaya pada anak yang bisa membahayakan. Saat pergantian musim terjadi, tubuh si anak akan beradaptasi lebih sulit menghadapi perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan. Udara yang semula panas-kering, tiba-tiba menjadi dingin-lembap. Kondisi yang seperti ini bisa saja menimbulkan berbagai hal buruk pada si kecil, juga membuat tubuh dan kesehatan anak mudah terserang penyakit.

Terlebih lagi, serangan dari debu dan kotoran yang masih tersisa di kawasan tersebut dengan mudah diterbangkan angin ke kawasan lain, dan menjadi vektor (pembawa) penyakit pada anak. Lebih khusus dan terutama pada anak usia balita, termasuk yang rentan penyakit di musim pancaroba. Dan ini tidak boleh dibiarkan, karna kkalau ibiarkan, bukan tidak mungkin berkembang menjadi gangguan kesehatan yang merugikan.

Berbagai Penyakit yang menggangu kesehatan anak

1.Menjaga Kesehatan Anak Anda dari penyakit Demam
Demam adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap diderita anak di musim pancaroba. Ini bisa jadi lantaran baru di musim pancaroba inilah anak-anak digempur serangan berbagai kuman (biasanya virus) secara besar-besaran. Demam bukan penyakit. Melainkan gejala bahwa tubuh tengah membangun pertahanan melawan infeksi. Lebih tepatnya, demam bisa merupakan gejala aneka penyakit. Mulai infeksi ringan sampai yang serius.

2.Menjaga Kesehatan Anak Anda Saluran Pernafasan
Salah satu penyakit anak di musim pancaroba yang didahului demam adalah penyakit pada sistem pernapasan. Demam yang merupakan gejala penyakit sistem pernafasan biasanya ringan sampai sedang (37,4 – 39,4 derajat Celsius).

Tapi pada beberapa kasus influensa pada anak, demam bisa mencapai 39,9 derajat Celsius. Gejala awal penyakit saluran pernapasan bisa berupa batuk, yang kadang disertai sesak napas. Bisa juga berupa batuk yang disertai pilek, bersin-bersin dan peningkatan suhu tubuh. Bisa juga muncul gejala khusus, yaitu pernapasan yang tidak normal.

Berdasarkan lokasi yang diserang, penyakit anak jenis ini dibedakan menjadi dua:
  • Penyakit saluran pernapasan bagian atas. Umumnya gejala penyakit saluran napas bagian atas lebih ringan, misalnya batuk-pilek. Hanya saja pada kasus tertentu bisa muncul gejala yang serius, misalnya demam yang agak tinggi (pada radang tenggorok) dan toksemia atau keracunan (pada difteri).
  • Penyakit saluran pernapasan bagian bawah. Gangguan di bagian ini bisa memunculkan bronkopneumonia, yaitu radang paru-paru yang berasal dari cabang-cabang tenggorokan yang mengalami infeksi, dan bronkioetitis, yaitu infeksi serius pada cabang terakhir saluran napas yang berdekatan dengan jaringan paru-paru.
3.Menjaga Kesehatan Anak Anda dari penyakit Saluran Cerna
Di peralihan musim kemarau ke musim hujan, kasus penyakit ini menjadi tinggi lantaran banyaknya debu dan kotoran yang berpotensi menjadi vektor. Penyakit ini juga sangat erat kaitannya dengan pola konsumsi makanan. Sebab penyakit ini umumnya disebabkan kuman atau virus yang biasa mencemari makanan dan minuman, apakah itu makanan buatan rumah ataupun makanan jajanan dari luar rumah. Mengingat pola makan anak yang cenderung semaunya, kemungkinan terjadinya penyakit ini menjadi sangat besar.

Penyakit saluran cerna biasanya didahului keluhan mencret, mual dan muntah. Gejala muntah dan mencret biasanya disertai demam, sakit kepala dan mulas-mulas. Tinja anak mungkin tampak berlendir dan bahkan berdarah (jika penyebabnya bukan infeksi, gejala muntah dan mencret jarang disertai mulas dan tinjanya pun tanpa lendir dan darah).

Agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan, pertolongan pertama biasanya diprioritaskan untuk menghentikan muntah dan mencret. Dan setelah diberi penanganan, dalam 3 hari umumnya keluhan berkurang. Jika tidak, anak perlu mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Pencegahan dan Pengobatan | Tips  Kesehatan Anak

Menjaga asupan makanan anak. Nutrisi yang cukup, sesuai dengan usia, berat badan dan aktivitas anak anda akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit

Melengkapinya dengan multivitamin. Suplemen ini mengandung beragam vitamin esensial (yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh). Bila diberikan secara tepat – komposisi dan dosisnya disesuaikan dengan kebutuhan anak – multivitamin bisa membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit pancaroba.

Pastikan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut anak adalah yang terjamin kebersihannya. Artinya, selain harus lebih higienis dalam mengolah dan menyiapkan makanan di rumah, bujuklah anak untuk tidak jajan sembarangan.

Demikianlah beberapa Tips Menjaga Kesehatan Anak Anda, dan semoga bermanfaat !
sumber : Pakar kesehatan

2 komentar:

  1. Sekedar menambahkan yang tidak kalah penting adalah memberikan contoh hidup sehat pada anak.

    BalasHapus
  2. Besides designer watches which have been developed pertaining to sportswear, your style presents laid-back place on designer watches in addition, all of these trait basic doing you hair developing a modern-day border. hublot replica Several while using designer watches get straightforward to analyze people, using many knobs pertaining to more files. replica watches sale Your females series uses this specific very same stylized concluded, nevertheless normally using shining accessories giving these kind of bits another effect involving type. chanel replica Buying beautiful joint of add on can be a thing to get happy with. tag heuer replica For ladies, the correct enjoy could exchange anything else along with get them to stand out in a very dreary audience. fake chanel To the 21st one hundred year fashionable girls, designer watches are getting to be an inclusive element of his or her life style.

    BalasHapus